RSS Feed

MEMAKNAI PERGANTIAN TAHUN DENGAN RESOLUSI!

Posted by Mabring

Masih dalam suasana baru atas pergantian
tahun 2013 ke tahun 2014, sehingga tidak terlambat
untuk kita bahas hal yang banyak dilakukan orang
dalam momen tersebut, momen pergantian tahun.
Kebanyakan orang ingin membuat suatu perubahan
ke arah yang lebih baik, atau RESOLUSI

Pergantian tahun sering digunakan sebagai titik balik untuk berubah, menebus kesalahan di tahun sebelumnya dan menjelma menjadi insan baru yang lebih baik. Semua itu diwujudkan dalam bentuk resolusi dan deretan target yang akan dicapai pada 1 tahun kedepan.



RESOLUSI DAN TARGET
Secara sederhana resolusi adalah komitmen yang ditetapkan untuk dilakukan (sebelumnya tidak dilakukan) agar target yang ditetapkan bisa tercapai.

Contoh :
Target :
Menurunkan berat badan 7 kg

Resolusi:
Tidak makan malam, fitness 3 kali seminggu, makan sayur dan buah setiap hari.

Jadi berbeda dengan target, resolusi dibuat agar target bisa tercapai.

TANTANGAN
Hampir setiap orang dapat membuat target + resolusi, namun tantangannya tidak banyak orang yang gigih merealisasikannya. Tantangan yang biasa dihadapi adalah tidak konsisten, tidak tahan banting, tidak gigih, mudah menyerah, capek, dll! Jadi apa yang harus Anda lakukan agar sukses menghadapi tantangan?

MENYUSUN RESOLUSI?

Tentukan Target Terlebih dahulu
Menentukan target ada banyak cara, namun dalam hal target kehidupan pribadi, Anda bisa menargetkannya dalam periode setahun. Misal Anda menentukan beberapa hal yang harus di capai di tahun 2014. Contoh, dalam hal kesehatan, kolesterol turun di bawah 180mg/d dan lainnya. Setelah ada target, buatlah resolusinya. Misal  agar kolesterol di bawah 180mg/dl, resolusinya : jogging seminggu 3 kali, banyak makan sayur + buah tidak makan telor dan daging.

 Pastikan resolusi Anda disusun dengan passion
  • Career Coach, Rene Suhardono mengatakan resolusi (life plan) merupakan tahapan mencapai tujuan. Artinya, untuk bisa mengarungi tujuan butuh resolusi. 
  •  Saat merancang resolusi pastikan harus ada passion di sana. Dengan kata lain, jangan   membuat resolusi jika tak berasal dari hati. Karenanya, penting untuk memahami apa passion Anda agar resolusi yang dibuat bisa membantu mencapai tujuan
  • Tuliskan resolusi dengan dorongan dari dalam hati dan berhati-hati sebelum menentukan resolusi, berhati-hati dengan pikiran. Karena apa yang Anda pikirkan bisa terjadi, namun jika tak punya kendali terhadap pikiran, hal sebaliknya juga bisa saja Anda alami.

Jangan membuat resolusi karena terpaksa atau dipaksa Pekakanlah lentera jiwa Anda, agar membimbing Anda membuat rencana hidup yang menjadikan Anda pribadi lebih bahagia, menjalani apa yang selama ini Anda impikan dalam karier, hubungan berpasangan, hubungan sosial, finansial dalam berbagai sisi kehidupan Anda yang lainnya

Tetapkan Target yang Realistis
Resolusi tidak perlu disusun dengan target yang muluk-muluk. Target yang terlalu tinggi, akan sulit direngkuh dan mematahkan motivasi. Namun sebaliknya, target hidup selayaknya tidak rendah, karena tidak akan menjadi faktor pendorong yang memicu kita untuk mengeluarkan yang terbaik dari dalam diri kita. Jadi tetapkanlah target yang realistis.

Target Tidak Perlu Banyak
Dalam buku 4 Discipline of Execution, dijelaskan bahwa maksimal target dalam waktu yang bersamaan adalah 3, karena jika lebih akan menbuat Anda tidak fokus. Namun Anda punya waktu 1 tahun dan setiap target bisa jadi hanya perlu waktu 3 bulan. Jadi bisa jadi Anda bisa menuliskan 6 – 12 target untuk 1 tahun, sesuai keyakinan Anda

BAGAIMANA CARA
MENJALANKAN RESOLUSI

Niat dan meyakini
Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah menyusun dan merencanakan target + resolusi,
Anda tinggal meyakini dan menanamkan Niat. 

Komitmen & Kosistensi
Kita harus berani berkomitmen dengan resolusi dan target itu. Apapun yang terjadi kita akan memperjuangkannya. Resolusi hanya akan menjadi resolusi jika tidak diimbangi dengan kerja keras. Oleh karena itu komitmen dan konsistensi itu penting, agar kita tidak tergoda dengan hal-hal yang mengganggu proses mencapai target kita.

Ceritakan kepada orang lain
Kita perlu pengingat dari luar selain dari dalam diri kita sendiri, namun ada kalanya kita terlena, jadi orangorang disekitar ini berfungsi sebagai pengingat akan target kita. Jika kita mulai keluar jalur selama proses pencapaian target maka mereka akan mengingatkan kita akan tujuan awal kita.

Berdoa
Dalam setiap langkah kita untuk mencapai tujuan tidak bisa kita hanya bekerja keras saja. Berdoa merupakan bagian yang sangat penting dalam mencapai tujuan kita. Berdo’a membuat hati kita tenang, pikiran fresh dan mood baik. Itulah kondisi yang membuat performa Anda maksimal. Selain itu Tuhan senantiasa menyiapkan mukjizat bagi kita dan akan akan selalu hadir dalam kondisi yang tepat kita butuhkan.

Target yang Anda tetapkan bukan Harga mati
Kondisi selalu berubah, apa yang Anda prediksi saat menentukan target, bisa jadi sudah berubah 3 bulan kemudian, maka revisi target itu boleh-boleh saja. Namun pastikan perubahan Anda naik bukan berubah turun

BAGAIMANA
MENJAGA KONSISTENSI?

Work Hard Play Hard

Menikmati hidup sambil terus berpikir dan konsisten menjalani resolusi-resolusi yang sudah disusun. Bahwa pikiran bahagia dan mood yang baik akan membuat kita menjadi produktif. Bekerja keraslah saat bekerja, dan fokuslah saat Anda waktunya harus istirahat dan libur. Ada kalanya otak dan badan beristirahat, dan menikmati hidup.

Jangan dijadikan beban
Selama Anda menganggap target dan resolusi menjadi beban yang memberatkan hidup Anda, maka kemungkinan untuk berhenti di tengah jalan dan kelelahan menjadi besar. Nikmati saja, toh kita dibekali dengan kreativitas yang akan memastikan target kita tercapai. Semakin enjoy semakin termotivasi, semakin terbebani semakin malas! Ingatlah saat-saat awal Anda menuliskan target, ingat keyakinan dan ingat bahwa kreativitas Anda akan menemukan jalan!

Jangan Bolong
Kebiasaan baru yang Anda lakukan awalnya terasa berat, tapi hatihati malah menjadi hambar. Jangan
sekalipun memberikan toleransi untuk melanggar resolusi.

Bersyukur
Cita-cita Anda tidak akan tercapai dengan mudah, dan banyak tantangan yang bakal dihadapi. Namun upaya konsisten yang Anda lakukan pasti akan memberikan hasil atau perkembangan menuju hasil, sekecil apapun itu, hargai dan syukurilah.

Baca ulang target dan resolusi anda Setiap Saat
Saat Anda malas, motivasi turun dan mulai menurunkan standar, maka lihat kembali Target dan Resolusi yang sedang Anda perjuangkan. Ingat berbagai hal yang sudah Anda lakukan dan sudah anda mulai. Dijamin motivasi Anda akan muncul dan akan merasa sayang kalau tidak diteruskan.

Seremonial Check List
Saat terindah dan membuat Anda puas adalah ketika target Anda tercapai dan Anda menandainya, bisa dengan tanda checklist atau dengan melingkarinya. Hitung berapa banyak yang sudah Anda lingkari, lihat target yang menunggu untuk Anda lingkari sebentar lagi! Nikmatilah moment ini dan Anda akan ketagihan untuk mengulangnya lagi pada pencapaian target yang lain.

Bagi Anda yang belum membuat target dan resolusi, jangan kawatir, lebih baik terlambat daripada tidak ada. Segera buat!! Karena kalau sampai tidak punya target, kawatir Anda akan salah arah, bisa jadi kondisi lebih buruk dari tahun sebelumnya, atau menjadi malasmalasan karena tidak dihantui oleh target.

Selamat mencoba dan selamat
menikmati tantangan 2014!

(Teks : Joko Ristono, Foto : Istimewa)

0 komentar:

Posting Komentar