RSS Feed

Menolong

Posted by Mabring

Dalam kamus artikata.com, menolong didefinisikan sebagai: Membantu untuk meringankan beban (penderitaan, kesukaran, dsb); Membantu supaya dapat melakukan sesuatu; Melepaskan diri dari (bahaya, bencana, dsb); menyelamatkan; Dapat meringankan (penderitaan dsb); dapat menyembuhkan (penyakit dsb); dapat melepaskan dari (bahaya dsb).


Manfaat Menolong
Apa yang membuat kita tergerak menolong? Sementara kita merasa masih kekurangan, kenapa saya harus menolong orang lain? Saya sendiri memerlukan pertolongan dan tidak ada seorangpun menolong, terus kenapa saya harus menolong orang lain? Begitu kira-kira yang biasa berkecamuk dalam diri. Menolong adalah keharusan, karena pada saatnya nanti kita akan memerlukan pertolongan orang lain. Apalagi jika kita merasa mampu untuk menolong orang lain, maka kita harus melakukannya.


Agar termotivasi untuk senantiasa ringan tangan membantu orang lain, berikut beberapa manfaat bagi si  ringan tangan. Dengan kita menolong atau membantu bagi yang membutuhkan, ada beberapa manfaat yang didapat: Ketentraman hati. Sudah menjadi kodrat manusia, bahwa merasa lega dan bangga saat bisa membantu orang dan timbul rasa bahagia karena bisa menolong orang lain. Mendapatkan kepercayaan dari orang lain, kepercayaan adalah sesuatu yang sulit untuk didapat, namun karena suka menolong maka orang akan melihat kita sebagai orang yang bisa dipercaya.

Menabung energi positif, apapun yang kita lakukan, baik dan buruk semua akan tersimpan sebagai tabungan energi milik kita. Tabungan energi ini siap dicairkan kapan saja. Jadi kebiasaan kita menolong, adalah sebagai tabungan energi positif yang akan menyelamatkan Anda dalam kondisi kritis yang kita alami, tiba tiba saja ada yang menyelamatkan kita dalam bentuk apapun. Mendapatkan kemudahan dalam segala urusan. Kebiasaan tolong menolong dalam kehidupan manusia akan menjadi catatan baik diri kita di mata orang lain, hal inilah yang akan memudahkan diri kita dalam banyak urusan. Orang baik akan mendapat kebaikan, suka menolong akan ditolong! Jadi kalau mau urusan kita menjadi mudah, mari kita biasakan dengan kebiasaan tolong menolong yang memudahkan orang lain.

Memperbanyak amal pahala. Sebagai makhluk beragama, kita percaya bahwa setiap kebaikan akan dicatat dan mendapat ganjaran berupa pahala. Dan tolong-menolong dianjurkan dalam agama.

Menjadi Kaya. Sebagai umat beragama, Anda pasti percaya the power of giving, kekuatan dari sedekah, dan semua agama mengajarkan umatnya untuk bersedekah. Dan Tuhan menjanjikan bahwa kita tidak akan miskin dengan bersedekah, justru rejeki akan dilipatgandakan. Dalam al-quran dituliskan: Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

Kapan dan dimana?
Menolong tidak usah menunggu diminta
Di sekeliling kita, rasanya banyak sekali hal yang membuat kita untuk senantiasa berbuat baik, tanpa harus digerakkan orang lain, namun motivasi dari dalam diri Anda rasanya cukup untuk menggerakkan diri untuk berbuat baik. Saat melihat teman kesulitan dalam mengerjakan sesuatu datangilah dan bantulah. Saat di jalan melihat orang terjatuh, datangilah dan tolonglah, saat di dalam kereta melihat orang yang lebih memerlukan berdirilah dan berikan tempat duduk Anda. Proaktif menawarkan atau memberikan bantuan, rasanya lebih bijak bagi kita!


Di lingkungan Pekerjaan
Di tempat kerja masing-masing sudah ada tugas dan tanggungjawabnya masing-masing, namun bukan berarti semua pekerjaan bisa lancar 100%, itulah gunanya bantuan di tempat Hakekatnya manusia adalah makhluk sosial, yang hidup bergantung dan memerlukan bantuan orang lain. Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan dan campur tangan orang lain. Dalam konsep kemandirian, makin mandiri seseorang makin banyak hal yang bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain, namun kebalikannya, begitu banyak orang lemah yang senantiasa memerlukan uluran tangan orang lain. kerja. Pada dasarnya tidak ada pekerjaan yang tidak melibatkan orang lain, sehingga kepedulian orang lain yang terlibat langsung atau tidak langsung akan sangat membantu kelancaran pekerjaan seseorang. Sekecil apapun bantuan yang Anda berikan kepada rekan kerja, baik secara langsung ataupun tidak, akan menjadi kebaikan yang suatu saat akan kembali pada Anda. Hanya sekedar mengajarkan cara foto kopi, hanya sekedar mengajarkan cara edit file excel, mengajarkan cara telepon, sekecil apapun lakukanlah

Bentuk Bantuan
Setelah kita belajar beberapa hal mengenai pertolongan kepada orang lain, saatnya kita mengimplementasikannya. Anda bisa memilih bentuk bantuan seperti apa yang bisa anda berikan, disesuaikan dengan kemampuan, waktu, kesempatan, motivasi Anda. Berikut beberapa bentuk bantuan yang bisa Anda berikan untuk meringankan beban orang lain:

Materi
Yang paling umum adalah bantuan dalam bentuk materi. Misalnya tetangga dalam kesulitan dan mendatangi Anda untuk pinjam uang, bantulah. Contoh, untuk korban bencana, tentu bantuan materi sangat dibutuhkan. Salurkan bantuan secara ikhlas dan hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi orang lain. Ingat tanpa pamrih dan ingat suatu saat kita akan memerlukan bantuan serupa.

Tenaga
Anda juga bisa memberikan bantuan dengan tenaga. Ingat dengan budaya gotong royong? Prinsipnya gotong royong adalah semangat berbagi kepada orang lain dalam bentuk tenaga bukan materi. Membantu orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan bisa juga dalam bentuk tenaga! Bantulah orang lain dengan tenaga Anda

Saran
Selain materi dan tenaga, bantuan dalam bentuk saran sangat jamak dilakukan. Dalam menyelesaikan suatu masalah yang diperlukan adalah ide dan kreativitas untuk itulah saran merupakan salah satu bentuk bantuan yang bisa disumbangkan.

Berbagi Ilmu
Dalam agama diwajibkan, bagilah ilmu meskipun itu hanya satu ayat. Kalau Anda tidak punya materi, kalau Anda tidak punya tenaga untuk diperbantukan, bagilah ilmu! Tentunya yang bermanfaat.. Setiap orang punya kemampuan dan spesialisai yang berbeda, bagilah ilmu yang Anda miliki dan tidak dimiliki orang lain, itu pun bisa menjadi bentuk sahih menolong orang lain.

Sosial
Bantuan sosial tidak hanya dalam bentuk materi, namun bisa dalam bentuk tenaga dan pemikian seperti dijelaskan diatas. Ikut aktif dalam kepengurusan rukun warga / tetangga merupakan bantuan sosial bagi orang lain. Silaturahmi merupakan bantuan sosial karena silaturahmi akan memberikan ketentraman dan kebahagiaan bagi orang lain.

Kesempatan
Dalam dunia pekerjaan atau bisnis, keberhasilan seseorang biasanya ditentukan oleh networking. Kesempatan di sini adalah bantuan yang kita berikan kepada orang lain untuk menangani pekerjaan tertentu, atau kita mempercayakan suatu pekerjaan dengan bayaran tertentu kepada orang lain. Menghubungkan orang lain yang bisa memberikan bantuan merupakan bantuan berupa kesempatan.

Do’a
Do’a merupakan bantuan yang paling banyak diminta dan paling mudah dilakukan. Do’a tidak kasat mata dan tak langsung terlihat bentuknya, namun secara spiritual kekuatan do’a akan membuat yang terkena musibah menjadi tabah dan tenang, sehingga mereka bisa mencari jalan keluar secara kreatif. Perhatikan, dalam segala kondisi pasti permintaan do’a selalu dikedepankan untuk diminta kita melakukannya, dalam kondisi orang sakit “do’akan ya supaya cepat sembuh”, dan sebagainya. Untuk itu, mari kita meringankan tangan dan mudah tergerak untuk memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan, tanpa pamrih, tanpa diminta, dalam bentuk apa saja. Selamat membantu!

0 komentar:

Posting Komentar